Macam-Macam Tingkatan Di Dalam Neraka

Assalamu’alaikum Wr. Wb., semoga selalu diberi kesehatan dan dirahmati oleh Allah SWT. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai macam-macam tingkatan dalam neraka.

Dan seperti kita tahu, sama seperti surga, neraka juga memiliki tujuh tingkatan. Saat Malaikat Jibril menjelaskan keadaan neraka kepada Nabi Muhammad, Malaikat Jibril berkata bahwa neraka memiliki 7 pintu dan masing-masing pintu dibagi untuk laki-laki dan perempuan. Pintu-pintu tersebut selalu terbuka dan pintu yang satu berada di bawah pintu yang lain sejauh perjalanan 70 tahun. Pintu yang  di bawahnya lebih panas 70x lebih panas dari pintu yang di atasnya.

Seperti itulah sedikit gambaran neraka dari penjelasan Malaikat Jibril. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan mengenai tiap-tiap pintu neraka yang diceritakan oleh Malaikat Jibril kepada Rasulullah SAW.

7 Pintu Neraka

1. Neraka Hawiyah

Pintu ini merupakan paling dasar di bawah dan merupakan neraka paling menyeramkan dari neraka-neraka lain. Neraka terpanas ini akan diisi oleh orang-orang munafik dan orang-orang kafir, termasuk Fir’aun dan keluarganya.

Allah telah berfirman dalan Al-Qur’an yang artinya “Maka tempat kembalinya adalah Neraka Hawiyah. Dan tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas.” (Q.S. Al Qari’ah/101 : 9-11).

2. Neraka Jahim

Pintu Neraka Jahim adalah neraka urutan ke-6. Letaknya berada di atas Neraka Hawiyah. Penghuninya adalah orang musyrik dan yang menyekutukan Allah.

Dan terdapat dalam firman Allah yang berarti, “Dan perlihatkan dengan jelas Neraka Jahim kepada orang-orang yang sesat.” (Asy-Syu’araa/26 : 91).

3. Neraka Saqar

Berikutnya adalah Neraka Saqar yang berada pada tingkatan ke-5. Di dalamnya ditempati penyembah-penyembah berhala yang dibuatnya sendiri. Neraka ini berada di atas Neraka Jahim.

Dan Allah berfirman yang artinya “Sesungguhnya Saqar itu adalah salah satu bencana yang amat besar.” (Al-Muddatsir/74 : 35).

4. Neraka Lazha

Pintu neraka Lazha berisi iblis dan orang-orang yang mengikutinya, serta para Majusi. Neraka yang berada di urutan ke-4 ini berada di atas neraka Saqar dan akan ditempati orang yang mengikuti iblis dan pemeluk agama Majusi.

Saat Malaikat Izrail akan mencabut nyawa iblis, Malaikat Izrail berkata bahwa kelak iblis akan diberi minum dari Neraka Lazha.

5. Neraka Huthamah

Pintu neraka ini berada pada urutan ke-3 dan berada di atas Neraka Lazha. Para penghuninya adalah orang-orang Yahudi.

Allah berfirman yang artinya, “Dan tahukah kamu, apa Huthamah itu? (Yaitu) api (yang disediakan) Allah yang dinyalakan.” (Al-Humazah/104 : 5-6).

6. Neraka Sa’ir

Pada pintu neraka urutan ke-2 terdapat neraka Sa’ir yang ditempati pengikut Agama Nasrani. Pintu ini berada di atas Neraka Huthamah. Allah berfirman dalam Al-Qur’an yang berarti, “Dan dia akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka).” (Al-Insyiqaq/84 : 12).

7. Neraka Jahannam

Setelah menjelaskan ke-6 tingkatan pintu neraka kepada Nabi Muhammad SAW. , Malaikat Jibril terdiam sejenak. Jibril segan untuk mengatakannya kepada Rasulullah SAW. Lalu Rasulullah SAW.  bertanya, “Kenapa engkau tidak memberitahukan penghuni pintu yang ketujuh?”

Jibril menjawab, “Pintu ketujuh namanya pintu Neraka Jahannam. Merupakan pintu neraka yang paling atas. Di dalamnya berisi umatmu yang melakukan dosa-dosa besar dan tidak bertaubat sampai mereka meinggal dunia.”

Mendengar penjelasan Jibril, Rasulullah SAW. langsung pingsan. Jibril meletakkan kepala Rasulullah di pangkuannya hingga beliau sadar.

Rasulullah SAW. bersabda, “Betapa besar cobaan yang menimpaku dan aku merasa sangat sedih. Jadi, ada di antara umatku yang akan masuk neraka?”

Jibril menjawab, “Benar, yaitu umatmu yang mengerjakan dosa-dosa besar.

 

source : Indahnya Surga Dahsyatnya Neraka, Abu Fatiah Al Adnani.
____

Sekian artikel kali ini, bila terdapat kesalahan mohon dimaafkan. Jika ada kritik atau saran bisa disampaikan. Terimakasih. Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s